10/6/10

Super Camp FK UNPAD, Situ Lembang


"Super camp"
apa sih yang kebayang pas pertama kali denger kata itu? kalau saya sih langsung kepikiran tentang hutan, tenda, mencari jejak, api unggun, masa pake tungku, dan lain-lain. pokoknya yang macem begitu di hutan.

dan berhubung saya termasuk angkatan baru di FK UNPAD, maka wajiblah saya mengikuti acara yang dinamakan Super Camp ini.

awalnya engga mau, tapi maksain aja deh. stress juga kan kuliah terus.
karena niat saya yang cuma seperempat hati, saya baru packing jam 5 subuh, dengan bawaan yang seabreg. mulai dari baju, makanan, minuman, jas hujan, senter, obat-obatan, sampe bawa diri. pokonya sampe 1 rasnel + 1 body pack gitu -__- padahal ini cuma kemping 2 hari

06.00 Kampus
jam 06.00 aku udah nyampe di kampus. eh, langsung dibagiin kaos ama payung. denger-denger sih, nanti harus long march sekitar lima kilometer ke tempat kempingnya, sekali lagi, lima kilometer (biar lebih dramatis) dan disana hujan teruuus, makanya dikasih payung (payungnya bukan payung lipat pula)
untungnya disedian truk tentara yang ngangkutin ransel, jadi saya cuma bawa body pack aja.


di Bis, perjalanan ke lokasi
jam 07.30 akhirnya bis berangkat.. haaah, sebenernya masih nge-blank bakalan kaya gimana nanti disana. udah deh, mau mundur bis nya udah keburu jalan, mau nekad turun ngga ada ongkos pulang ke rumah, ya udah ngikut arus jadinya.

si bis ini jalan ke arah cimahi, teruuussss menuju lembang. ngelewatin rumah-rumah warga sama perkebunan.

hmm, perasaan sudah mulai bagus nih.

sampai di tempat latihan kopasus (?)
jam 10.30 kayanya kita sampai di suatu tempat, di gunung banget lah. kalau ngga salah ada plang dengan tulisan "tempat pelatihan kopasus". nah loh, mau kemping apa mau wamil nih kita? dan hebat banget deh, baru beberapa masuk setelah plang, udah ngga ada sinyal... iya. sama sekali ngga ada. Tuhan, aku harus hidup dua hari tanpa jaringan internet...

beberapa meter jalan, dan sampai di tempat terbuka di tengah hutan, katanya sih ini curug, apa gitu lah namanya. disana ngumpul dengan anak FK yang lain, yang program sarjana PPSK, yang lagi co-as P3D, dan yang ngambil spesialis 1 PPDS.
huuuuaaaah ternyata banyakan banget. katanya nyampe seribu orang. seru. apa lagi bisa ngeceng calon dokter. eh. iya kan disini calon dokter semua haha.

dan disini udaranya udah mulai sejuk. dingin dingin mepuk gimana gitu sayang kalau engga foto-foto dulu :)



payungnya bukan payung lipat, jadi sepanjang perjalanan bawa-bawa payung kaya rihana di MV umbrella. atau kaya om ella yang suka bantuin anak-anak SMA gue nyebrang dulu

11.00, long march
yep, long march bareng keluarga besar FK UNPAD. semua prodi nyampur. pengen ketawa kalau jalan deket orang india, kan banyak orang india tuh di PPSK, ngobrol make bahasa indianya asyik banget. pengen ikutan ngobrol sih sebenernya. saya kepikiran untuk nanyain mereka tentang prospek bisnis keripik ma icih di bandung. tapi engga jadi, soalnya takut mereka ngira ma icih itu adalah salah seorang dosen anatomi yang baru

akhirnya saya cuma komentar di dalam hati : "ngomong apaan sih?"

kami (anak FK UNPAD + dosen + abah yang jagain tempat kopasus ini) terus berjalan

terus

terus

dan terus

ini kapan nyampenyaaaaaa?


12.30 sampai lokasi, Situ Lembang, asli tempatnya keren!
Oh God... thanks akhirnya nyampe juga, setelah 5km (tapi ko berasa lebih ya) jalan kaki di jalan setapak hutan yang kanan kiri cuma ada pohon pinus.

rasa lelah dibayar kontan dengan pemandangan yang baru aja saya liat. Ya Allah, danau nya kereeennn banget....langsung deh foto-foto. asli kerennya, udaranya seger, dingin, dan bersih. ngga kaya di bandung, polusi dimana-mana

baru dateng langsung disambut hujan deras. maksud gue, BENER-BENER DERAS (sengaja pake caps lock biar dramatis) 
jadilah jas hujan dan payung dipake untuk terus jalan ke tempat barak kopasus. saya mulai mempertanyakan kegiatan apa yang akan saya jalani, latihan militer?

yang penting foto di danau duluu. situ lembang oooh situ lembang

14.00, barak 2
habis acara pembukaan dan makan siang bareng. aku ke barak 2 bareng temen-temen yang lain.

oke, ternyata kita engga perlu bikin tenda, karena barak ini adalah tempat menginap malam ini.
satu prediksi tentang super camp salah..

saatnya solat, wc dan tempat wudhu ada di samping barak 1 yang ngga jauh dari barak 2. daaaaaan, you know what? air keran disini sedingin air es yang disimpen di kulkas, ini bukan lebay apalagi iklan, emang sedingin itu!


16.00, tenda prodi, role play, aib
kali ini barengan sama prodi. dapet kasus udah gitu salah satu tim harus menampilkannya dalam bentuk drama, alias role play.

dan hebatnya, oh Tuhan, dari sekian banyak tim, kenapa harus tim gue yang kebagian role play??? dan jadi lah drama GJ dan spontan karena hampir seluruhnya improvisasi, yang aku, nona, cuba, dan kiki mainkan menjadi bahan ketawaan. uh oh aib.. bahkan dr.Edwin juga ketawa ngeliat tingkah kita yang bener-bener GJ. haha, yah emang kocak sih kita :p heheh

aib nomor satu saat kuliah

19.00 makam malem
OKE ! predisksi awal gue tentang camp adalah : tidur di tenda, masak sendiri pake tungku, dan lain-lain
Realita : tidur di barak, makanan enak-enak, prasmanan macem di kondangan, sudah tersedia, tinggal ngambil, dan gratis.
Mungkin saya sudah menemukan perbedaan anatara Camp dan Super Camp yang sebenarnya

20.20 renungan malam
awalnya,, ngantuk banget lah ini acara. aku ketiduran pas dekan FK, prof Tri ceramah. dan sempet kebangun gara-gara ada bom yang sengaja diledakin buat ngebangunin yang ketiduran :'( pas bangun, eh udah bukan ceramah. ternyata abah iwan lagi ngomong di depan, well dia adalah seorang musisi yang nyiptain banyak lagu, salah satunya lagu Hymne unpad, oh iya hymne RSHS juga beliau yang bikin, lagu-lagunya banyak yang bertema alam.

abah irwan nyanyi sambil mainin gitarnya, sambil nyeritain juga maksud dan gimana lagu itu diciptain. misalnya aja, lagu hymne unpad, diciptainnya di salah satu bukit di deket sini (situ lembang) dan banyaaak lagu-lagu lainnya diciptain di gunung ini..

dan uweew, lagunya bagus-bagus.. bener deh. yang nature, nature bangeet. keren. aku baru sadar kalau kita salah nganggep hutan itu menyeramkan. hutan itu sahabat yang ngasih kita oksigen.. oke deh.

btw, ternyata bang iwan juga adalah pencipta lagu Burung Camar. keren ya :)

pokonya asyik banget dengerin bang iwan nyanyi.. apalagi perut udah kenyang abis makan malem, dan sekarang diselingi zupa-zupa + roti cane yang sudah disediakan


23.00 barak 2
tiduur. . pake sleeping bag


ini pertama kalinya saya tidur pake sleeping bag, di barak kopasus dan bareng temen kuliah baru. gue di tengah-tengah antara si lilis ama tita

03.00 Barak 2
Kebangun oleh suara alarm blackberry orang yang tidur di sebelah saya. Dan orang itu sama sekali nggak kebangun sementara suara alarm dari BB-nya udah ngebangunin hampir setengah penghuni barak.
Itu adalah sejarah mengapa saya benci bunyi alarm BB -__-

06.00 lapangan
Sarapan... udara lembang yang dingin bikin laper ya kalau bangun pagi hehe. untung lah, (kembali) sudah disediakan sarapan yang enak + energen. muaaaaaah banget deh ini super camp.
terus senam pagi berjamaah di lapangan yang becek, tapi tetep asyik J

Siang hari, masih di situ lemabang
Yak, sebelum pulang sayang banget kalo nggak foto-foto dulu sama temen. Ini adalah salah satu momen yang bikin lebih deket ama temen kampus. Selca selca selca...


ella, ella.. e.. e

oh iya, dan pas perjalanan pulang, saya termasuk 1 dari sekitar 100 relawan yang rela jalan lagi 5 KM ke tempat start long march kemaren karena bisnya nggak semua ke atas.

biarin.. seneng saya jalan lagi, bareng-bareng ama cadok-cadok dan calon spesialis.
hehehe

senang senang senang bisa ikutan uper Camp FK UNPAD 2010 (tahun 2011 sepertinya ngga bisa ikut lagi...)

thank you Situ Lembang :)


edited :
ternyata saya bisa ikut supercamp tahun 2011, plus bisa ke situ lembang lagi. read :


0 comments:

Post a Comment