1/1/14

end of 2013


halo blogger. Aku ngga akan bilang "wah, ngga kerasa udah 2014 lagi ya" soalnya kalau buat aku, tahun ini berasa banget. berasa capeknya. seperti tahun lalu, aku mau bikin kaleido-blog untuk merangkum tahun 2013 gue yang ngga semuanya ditulis disini. oke here we go *it's gonna be a looong post

1. Tugas Akhir                                        
yap karena tahun ini adalah tahun terakhir di unpad, mau engga mau (ya pokonya harus mau) si gue harus ngerjain tugas akhir. itu adalah salah satu alasan kenapa aku jarang nulis blog di tahun ini. buat yang udah ngerasasain, pasti tau banget kan suka duka nya bikin yang beginian. dari mulai PDKT sama dosen pembimbing, nyari judul di tumpukan jerami, ngurusin pembuatan surat penelitain, bolak-balik bimbingan, revisi ini itu, sampai begadang tiap hari karena deadline.

jadi nih ya, menurut aku faktor cepat atau lambatnya menyusun TA itu kira-kira seperti ini

faktor pendukung : IQ, tingkat kerajinan, kecepatan rata-rata ngetik, kecepatan rata-rata baca dan mentranslate journal, intensitas pergi ke perpustakaan dan kecepatan wifi di rumah atau cafe

faktor penghambat : tingkat kemalasan, banyaknya revisi, angka kejadian mati lampu dari PLN, banyaknya hutang SOAP, rata-rata waktu untuk twitteran dan kepo, tingkat kelemotan laptop, angka peluang hilangnya flash disk, jumlah berapa kali tinta printer abis, dan yang terakhir waktu kebutuhuan tidur minimal (ini bisa diabaikan)

faktor lain-lain : gaya gravitasi bumi di kasur pada pagi hari yang dapat diperkirakan lebih dari 9,8 m/s2

faktor yang bisa menjadi pendukung dan penghambat : dosen pembimbing.

iya beneran. Nih ya aku cerita sedikit tentang dosen pembimbing aku. dosen pembimbing aku adalah 2 orang dokter. mereka sangat sibuk, pernah malah dosbing 2 mau pergi ke eropa selama 2 minggu dan baru ngasih tau aku sehari sebelum beliau berangkat. bayangin itu posisinya aku sedang menanti tanda tangan beliau agar bisa keluar surat penelitian. panik? iya. untung aku di bandung dan bisa ngejar beliau sebelum ke bandara. rasanya kaya di sinetron. ga tau kenapa. mungkin aku ngebayangin film AADC pas cinta ngejar si rangga di bandara. tapi berhubung dosbing 2 aku bukan nicholas saputra, pun diriku bukan dian sastro, jadi ya ngga bisa samain.

dosbing 1 gue juga sibuknya minta ampun. beliau cuma punya waktu hari minggu untuk anak bimbingannya, dan itupun cuma 2 jam. kontrak waktu bimbingan sama beliau itu sama susahnya dengan nyanyi lagu love on top beyonce yang refainnya diulang 4 kali dan naik 2 oktaf. artinya : susah meeen.

enaknya sih, kedua dosbing ini kantornya deketan. yang satu di RSHS, yang satu di eyckman. jadi  kalau aku mau minta tanda tangan lembar pengesahan ke mereka, ya tinggal nyebrang gedung aja.
ngga enaknya? dua-duanya genius, tapi berbeda pendapat dan saling keukeuh.
korbannya? jelas AKU dan otak aku yang ngga segenius mereka, dan aku yang bingung harus ikut saran siapa.
dampaknya? TA aku yang tak kunjung selesai karena revisi besar-besaran terus.
buktinya? foto ini. pas aku nangis di rumah dosbing 1. menyedihkan. waktu itu pas dia ngomong ini itu, mata aku udah berkaca-kaca (saking ngga ngertinya), terus bilau malah bilang "nangis!" ya bocorlah lacrimal sac ini menganak sungai selama kurang lebih satu jam sampai akhirnya mengering

tampang abis nangis selama 1 jam 

penampakan ratusan SOAP yang harus tulis tangan 

extra hands of ghaitsa yang dengan sukarela mau bikinin beberapa SOAP 

penampakan salah satu faktor penghambat :
si tiwul yang katanya mau bantuin ngerjain TA, malah ngajak ke bonbin

jadi itulah. dan orang yang sangat tau suka duka aku adalah Aliah. karena dia senasib dengan aku. bimbingan bareng, sidang bareng, galau bareng. pokonya seperjuangan. dan kita sidang di hari yang sama juga. iya, akhirnya TA aku selesai di detik detik terakhir deadline, dan sidang dengan lancar di hari terakhir sidang sebelum yudisium. kebayang ngos-ngosannya :') dan yang bikin sedih adalah, dosbing1 gue ngga dateng di sidang aku yang sudah pernah nangis selama satu jam di rumahnya itu :') 
ini winceu. kalau lagi panik, kacaunya ga ketulungan
 sekarang hobinya main pokopang 


2. Praktik 
sampai bulan april tahun 2013, aku masih praktik di salah satu rumah sakit daerah di kota cimahi, dan memasuki bulan ke-5. saking betahnya, itu rumah sakit udah kaya rumah sendiri. udah biasa tidur disana (pas jaga malem), gosok gigi di wastefel (dari pada bau jigong abis jaga malem), ngerjain SOAP di mesjid (pas bolos dines di ruang nifas), ngintilin dokter kalau lagi ada tindakan (sampe dokter ferry hapal nama aku yang laksana butiran debu ini dibanding koas), dan pastinya main onet di komputer VK (kalau ngga ada petugas adm-nya)

yang paling gila sih, aku pernah dines 3 shift tanpa istirahat. dari mulai dines pagi, sore, terus malem. udah gitu habis dines malem ngga langsung pulang, tapi ikut dokter umai ke ruang operasi untuk SC. jadi berasa dinas pagi-sore-malam-pagi. 4 shift men.
jangan ditanya, gue udah kaya mayat hidup yang ngga mandi dua hari dan pake baju operasi berwarna pink saat itu. sangat capek, tapi dapet 4 partus dan ilmu SC dari dokter umai. very worth it.

Aku juga harus melewati malem ulang tahun gue di kamar bersalin, gara-gara dinas malem. ya engga apa-apa sih, ini anak-anak yang bakal lahir pasti bakalan bahagia kan, soalnya ulang tahun mereka sama kaya ulang tahun aku. ya jadi aku semangat aja. tapi engga sampe aku harus dibanjur ketuban juga kali deek. aneh banget, teng jam 12 malem, itu ketuban ibu yang sedang ditolongin si kintan pecah dan muncrat ke arah si gue yang ngga pake baraskot. makasih loh hadiah ulang tahunnya, dek ! jadilah tengah malem harus ke kosan kintan untuk ganti baju -_-
thanks for the gift, kintan and lilis 

walau suka rebutan pasien, tapi tetep jadi temen 

nah itu pengalaman pas dines. ada juga pengalaman pas pulang dines. jadi ceritanya waktu itu hari pertama aku dines sore. waktu itu jam 10 malem aku nyampe di sekitar daerah stasiun bandung, turun dari angkot cimahi-stasiun, pake seragam, polos, dan mengira angkot sadang serang itu nyata adanya. setelah aku bayar ongkos ke supir angkot, si emangnya malah nanya "pulang sekolah neng? hati-hati ya." resmilah supir angkot itu menjadi orang ke-87492937 yang ngira aku masih anak SMA.

terus dengan polosnya aku menunggu angkot sadang serang di deket jalan braga, di depan salah satu mini market. karena angkotnya ngga kunjung lewat, aku mulai khawatir. jangan-jangan supir angkotnya lagi pada mogok. satu menit kemudian seorang kakek-kakek, tukang parkir, ngasih tau aku kalau jam segini angkot itu udah ngga ada. suasana hening seketika. baru sadar ini udah malem banget. jalanan udah sepi. ngga ada taxi. hp lowbat. dan gue laper. komplit

tukang parkir yang baik hati itu terus aja nemenin gue sambil nyari solusi. terus lewatlah sebuah mobil kol buntung yang bawa torn air. ternyata mobil itu emang udah jadwalnya ngambil air untuk salah satu tempat karoke di braga yang airnya ngga begitu bagus. karena tukang parkirnya udah kenal sama supir kol buntung itu, dia minta tolong ke supirnya untuk ngebolehin aku nebeng sampe pusdai. terus aku nebeng deh. ngek

nebeng kol buntung orang yang ngga dikenal (sengaja pake bold biar dramatis)

ngga tau kenapa ya aku percaya aja sama orang itu. ngga taukut diculik atau apa. siapa juga yang mau nyulik gue kan. daripada aku ga bisa pulang, kan laper, ya udah. aku nebeng. tapi aku ngga ditaro di belakang juga kaliii, aku duduk di depan sambil ngobrol sama supirnya yang ternyata orang garut. kemudian pas nyampe rumah dimarahin kenapa ga pulang ke kosan atau minta jemput. sebagai introvert aku memilih diam dan makan dengan tenang. tapi setelah itu langsung curhat via bbm ke tiwi dengan tangan agak tremor :(

makasih emang parkir. makasih supir kol buntung. tanpa kalian aku ngga tau bakal gimana malem itu.

setelah kejadian itu, gue jadi belajar dan dapet tips untuk bisa pulang ke rumah habis dines sore tanpa harus dijemput. nih
1. pas dines, taro tas di ruang dokter (rasionalisasi: agar tips no.2 berhasil)
2. berangkat dari cimahi sebelum jam 9 malem. (karena operan biasanya ngaret, maka kabur adalah satu-satunya opsi. kabur bisa terlaksana jika tips no.1 dilakukan)
3. dandanan jangan mencolok. seperti pake jaket bulu loreng-loreng dan stocking jaring-jaring
4. ngga usah pilih-pilih angkot. percuma. jam segitu angkot cimahi pada kosong
5. pas di angkot, duduk deket pintu. biar gampang turun
6. ini yang paling penting : turun di IP, tempat yang masih crowded jam segitu. bukan di stasiun
7. naik angkot caheum-ciroyom yang jam segitu selalu ada. bukan sadang serang yang fana

begitulah. tapi sejak kejadian kol buntung sebenernya aku jadi sering dijemput kalau abis dines sore. tapi kalau kepaksa pulang sendiri tips nya berhasil dan aman kok, dan ngga usah ngerepotin supir kol buntung.

3. Wisuda 

yap, setelah beres semua praktik, beres bikin ratusan soap, ujian akhir program, OSCE, tugas akhir, sidang, dan yudisium, akhirnya gue ketemu juga sama hal yang selalu gue idamkan sejak pertama kali memasuki perkuliahan yang tidak saya inginkan ini : WISUDA

dulu, setiap pulang ngampus dan kebetulan lagi ada wisuda di unpad DU, aku selalu bilang "pengen cepet wisuda". setelah ngerasain, ternyata wisuda itu memang euforia yang engga mungkin dilupain, dari mulai suasananya, paduan suaranya, toga nya, bendera UNPAD, graha sanusi, aaah semuanya. serasa gimana gitu ya, diwisudakan oleh unpad. well, itu adalah wisuda pertama aku. yang selanjutnya pasang target cum laude hahah. kalau yang sekarang lulus dengan IPK diatas 3 juga udah untung -,-

with ebi and tiwi 

habis wisuda, masih ada acara internal dari prodi yaitu pelepasan sama pengangkatan sumpah di eyckman. nagis-nangisan nya disini sih. tapi yang paling mahal hari itu adalaaaah : akhirnya aku berhasil ngasih bunga ke dokter E, yang adalah kaprodi gue. tapi malu bangeeeet, sempet didorong-dorong si tita, akhirnya aku ngasihin bunga itu ke beliau hahahahahahahaah atulah geje tapi seneng.

reaksi dia setelah nerima bunga itu
mikir apa ya beliau hahahahaha

saking nekatnya karena ini bener-bener saat terakhir di unpad, aku dan beberapa temen memberanikan diri untuk minta foto bareng. ya emang sih beliau itu sudah jadi semacam idola para mahasiswi, jadi ya wajar aja. yang ngga wajar fotonya jelek karena aku pake seragam dan berat badan sedang diatas 50kg :((
no comment !

terimakasih alamaterku. terimakasih fakultasku

terimakasih dosen-dosenku. terimakasih kaprodiku


4. Cerpen dan FF
tahun 2013 ini gue sangat tidak produktif dalam bikin cerpen dan FF. padahal, di tahun 2012 kemarin, aku rajin ikutan event. tahun 2013, aku cuma ikutan 2 project di waktu yang hampir berbarengan. yang pertama project lovediction yang sekarang cerpen gue sudah ada di buku yang bisa dibeli di gramedia. yang kedua falash fiction untuk lomba #postcardfiction edisi valentine yang menghasilkan android yang sampai sekarang masih saya pakai hehe.
beli dong yah. beli dong 


5. Lebaran di Jogja (lagi)
ngga begitu spesial karena ngga pake telor. eh itu martabak. maksudnya ngga spesial karena tahun lalu juga lebaran disana. tapi se engga spesialnya juga, jogja selalu bikin gue jatuh cinta. ngga tau kenapa. suasana desanya bikin hati adem banget. aku waktu itu aja sampe main sepeda berkilo-kilo ngelewatin sawah sampe pantai. hal yang engga akan aku lakukan di bandung.

dan yang bikin gue ngga ngerti adalah, kenapa bubur di jogja itu rasanya enak banget dan sangat murah. gue bengong aja pas gue beli 2 bungkus bubur, dan aku tanya berapa harganya, si pedang bilang : "rong sewu" yang artinya 2000. DUA RIBU perak untuk 2 bungkus bubur yang enaknya kebangetan !! di bandung aku harus ngeluarin uang 7000 untuk satu porsi bubur yang encer.
ini makhluk super lucu gue temuin di deket rumah di jogja
dan gue baru tau mereka adalah biri-biri setelah gue beri nama lamby 

.
7. New year eve
biar beda sama tahun lalu, asalnya tahun ini aku mau nginep di rumah gritania. rencananya sih mau bakar-bakaran, kaya bakar jagung, ikan atau kertas-kertas revisi selama aku ngerjain TA. tapi berhubung aku flu berat saat ini, dan aku ngga tega ninggalin ibu sendiran di rumah, jadi aku ngga ikut ke rumah grita.

just sitting in the chair by the window, looking out the firework in the night sky. the cheapest new year celebration right? bahagia itu engga harus mahal :)

8 Koleksi keponakan
yep. nambah lagi koleksi keponakan aku :D welcome to the world Hafiza Kahira Iftina Luga

9. Kamu
ya, mungkin trnscript di MV davichi ini bisa sedikit mewakilkan perasaan aku


10. Resolusi 
seperti tahun kemarin, ngga akan terlalu ngumbar ke orang-orang. yang jelas sudah tertanam di otak aku. resulusi 2013 gue udah lumayan ada beberapa yang terwujud. tapi sayang resolusi terbesarnya belum terwujud di tahun 2013.
tapi engga apa-apa. dengan resolusi yang hampir sama, dan dengan dukungan mama, aku akan menyambut 2014 dengan semangat besar untuk mewujudkan mimpiku. semangat :)


0 comments:

Post a Comment